Gaya Nongkrong Malam Minggu, Intelek, Beretika Gak Neko-Neko

Minggu, 30 Maret 2008

In the Name of Alloh

In the Name of Alloh

Bismillahirrahmanirrahim.
Dengan menyebut Asma Alloh yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Tiap urusan (perbuatan) yang tidak dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahim maka terputus berkatnya (bagaikan anggota badan yang terkena kusta)
(Al Hadist)

Bismillahirrahmanirrahim. Dengan menyebut Asma Alloh yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Kawan, dulu ketika kanak – kanak, saat kita hendak makan, Ayah dan Bunda kita mengingatkan agar senantiasa membaca basmallah. Waktu belajar di es de, demikian pula, guru kita mengajak berdoa bersama dengan mengawali membaca basmallah plus terjemahannya. Subhanalloh. Itulah beberapa kebiasaan yang pernah terbiasa kita lakukan. Moga – moga saja kebiasaan itu tetap kita jaga hingga saat sekarang dengan senantiasa mengucap basmallah saat hendak melakukan sesuatu.

Dengan membaca basmallah, kita berharap senantiasa mendapatkan Kasih SayangNya, dan mendapatkan PertolonganNya. Ucapan basmallah yang kita ucapkan sebelum memulai pekerjaan adalah bentuk kesadaran bahwa kita membutuhkan pertolongan Alloh SWT, sehingga pekerjaan kita dapat selesai dengan sempurna dan baik. Juga sebagai bentuk kesadaran bahwa kita adalah makhluq dari Dzat yang Maha Rahman dan Maha Rahim, bahwa segala – galanya tergantung pada rahmat karunia Alloh. Hidup, mati, dan semua daya upaya kita semata – mata terserah pada Rahmat karunia Alloh Azza wa Jalla.

Kawan, oleh karena itu, marilah kita senantiasa membaca basmallah. Saat hendak keluar rumah untuk bepergian, saat hendak berkendara, saat memulai belajar, saat mengawali mengerjakan soal ujian, saat hendak tidur, dan lain – lain. Alloh-lah yang menyebabkan kita selamat pulang kembali ke rumah setelah bepergian, Alloh-lah yang menyelamatkan dan menjaga kita selama di atas kendaraan hingga sampai ke tempat yang kita tuju, Alloh-lah yang dapat menolong kita saat mengerjakan soal – soal ujian hingga kita dapat lulus karenanya, dan Alloh – lah yang telah dan akan memberi kita ilmu dengan segala keberkahannya, dan Alloh-lah yang menjaga kita sewaktu terlelap tidur.

Dengan senantiasa membaca basmallah, insyaAlloh akan menyebabkan kita ringan dan mudah untuk melakukan amal kebaikan. Dengan membaca basmallah, kita tidak akan malas melaksanakan sholat lima waktu, atau melaksanakan ibadah yang lainnya.

Jika ada kawan putri bermaksud menjaga kehormatannya dan menutupi aurotnya saat keluar rumah dengan memakai jilbab. Tetapi masih ragu – ragu. Maka ucapkanlah basmallah, basmallah, dan basmallah. Alloh SWT akan menolong untuk menguatkan niat dan kemauan hingga dengan mudah niatan memakai jilbab itu dapat terlaksana.

Sebaliknya, jika ada kawan yang bermaksud berhenti dari kebiasaan minum khamr (minuman keras), insyaAlloh dengan basmallah, basmallah, dan basmallah, dengan berharap pertolonganNya, insyaAlloh perbuatan yang diharamkan Alloh SWT itu dapat dihentikan dan ditinggalkan. Amiin.

Selain itu, dengan membaca basmallah, kita akan senatiasa ingat dan yakin bahwa Alloh SWT senantiasa Melihat dan Menyaksikan tingkah laku kita, Mendengar ucapan kita, Mengetahui pikiran kita, dan Memahami perasaan kita. Sehingga, dengan senantiasa mengucap basmallah sebelum melakukan sesuatu, kita akan dapat menghindari perbuatan yang diharamkan Alloh SWT.

Sangatlah aneh dan tidak pantas, jika kita membaca basmallah sebelum melakukan perbuatan yang dilarang Alloh SWT. Mungkinkah Alloh SWT akan melimpahkan Kasih SayangNya saat kita melakukan hal yang dimurkaiNya. Misal : tidaklah pantas mengu-capkan basmallah sebelum minum khamr (minuman keras), atau saat hendak menyontek, atau mencuri, atau perbuatan haram yang lainnya. Naudzubillah (semoga Alloh SWT mencegah kita dari perbuatan itu).

Akhirnya, sudahkah kita awali perbuatan kita dengan basmallah. Jika belum, mari kita mulai sejak saat ini. Sejak kawan membaca tulisan ini, di malam ini, di seputar aloon – aloon ini. Bismillahirrahmanirrahim. Lahaula wala huata illa billah. Wallohualam. ( ditulis oleh : edy sutrisno, untuk buletin komunitas ublik lembar ke-04 ,tanggal 29 Maret 2008 )

====
Terimakasih atas bantuan dan saran dari kawan- kawan.
Jazakalloh kepada Bpk. Khalid Wahyudin atas blog-nya.

Majalah Keluarga Islami Tulungagung Ayo! Ubah wajah dunia dengan Islam