Gaya Nongkrong Malam Minggu, Intelek, Beretika Gak Neko-Neko

Minggu, 27 April 2008

The Holy Quran

” Sesungguhnya al-Quran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang – orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar ” (TQS Al Isra [17] : 9)

Kawan, apa yang menyebabkan kita percaya adanya surga (al-jannah) dan neraka (an-nar) ? Jawabannya adalah karena kita orang beriman yang memang diwajibkan untuk meyakini adanya surga dan neraka. Lalu, darimana kita mendapat informasi tentang adanya surga dan neraka ? Jawaban yang pasti adalah bahwa kita mengetahui adanya kenikmatan di surga dan adanya siksaan di neraka dari Al Quran (dan dari Hadist Nabi Muhammad SAW).

Kawan, kalau kita percaya surga dan neraka, yang sumber informasinya Al Quran. Maka seharusnyalah kita juga percaya dan yakin pada hal – hal lain yang sumbernya juga dari Al Quran.

Kita harusnya yakin benarnya perintah Alloh SWT agar kita melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, sebagaimana firman Alloh SWT : “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan”
(TQS Al Baqarah [2] : 110).

Kawan, kita juga seharusnya percaya benarnya perintah Alloh SWT agar kita melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan, sebagaimana firman Alloh SWT : ”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”
(TQS Al Baqarah [2 ]: 183)

Kita juga seharusnya percaya dan yakin atas kebenaran perintah Alloh SWT agar kaum wanita mengenakan jilbab ketika keluar rumah, sebagaimana firman Alloh SWT : ” Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (TQS Al Ahzab [33] : 59)

Kita juga seharusnya percaya dan yakin atas larangan Alloh SWT terhadap perilaku zina dan hal-hal yang mendekati zina, sebagaimana firman Alloh SWT : ” Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk” (TQS Al Isra’ [17] : 32)

Kita juga seharusnya percaya dan yakin atas larangan Alloh SWT terhadap minuman keras (khamer), perjudian, dan mengundi nasib, sebagaimana firman Alloh SWT: ” Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (TQS Al Maidah [5] : 90)

Kita juga seharusnya percaya dan yakin atas larangan Alloh SWT terhadap harta riba, sebagaimana firman Alloh SWT : ” Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba……” (TQS Al Baqarah [2] : 275)

Kawan, atas semua perintah itu, harusnya kita taat dan mengamalkannya. Atas semua larangan itu, harusnya kita tunduk dan meninggalkannya. Ketidaktaatan kepada Al Quran, hakekatnya adalah ketidakpatuhan kepada yang Menurunkan Al Quran, yaitu Alloh SWT, Dzat yang Menciptakan manusia dan seluruh alam, Dzat yang Memiliki surga dan neraka !

Lalu, atas alasan apa, jika ada manusia yang tidak mau taat pada ayat – ayat Al Quran; padahal dia mengharapkan kenikmatan surga, dan ingin terhindar dari siksa neraka ?. Wallohu’alam. ****

Tulisan ini sebagai bahan buletin Buka Hati yang diedarkan di aloon-aloon pada tanggal 26 April 2008 (untuk edisi cetak sebagian isi diedit guna menyesuaikan dengan kapasitas kolom)

Kawan, Ayo Hadir ! di Acara Fresh Hour“MENGUBAH DUNIA DENGAN HATI”Bedah Buku : Dakwah dengan Cinta - Penulis : Husein Matla Pembicara : Pak Agus Ariadi (a frend to talk), Mas Rahmad (obey creativity club),Pak Khalid Wahyudin (praktisi kaummaya al azhar), Host : Pak Edy Sutrisno ( komunitas ublik)Tempat : di SMPN Kedungwaru 01 TulungagungWaktu : InsyaAlloh tgl. 04 Mei 2008, pukul 08.00- selesai

Majalah Keluarga Islami Tulungagung Ayo! Ubah wajah dunia dengan Islam